Garda News ~ Nias Selatan

BPD desa bawosalo’o dao – dao, silahturahmi di walo Gren sama beliau DR. HILARIUS DUHA ,SH.MH Bupati Nias Selatan Kamis, 29/06/2023.

Tujuan silahturahmi BPD desa bawosaloo dao – dao kecamatan hilimegai konfirmasi/mempertanyakan kepada beliau Bupati Nias selatan, bahwa atas pemberhentian mereka bpd yang 4 (empat) orang, Elegius Laia ketua BPD, Benasokhi Ndruru anggota BPD, Paulinus Laia anggota BPD, Angandrowa buulolo anggota bpd dan pengangkatan pengganti antara waktu (paw) an. Juita Hastuti munthe, Deryanto laia, Filemo buulolo dan Fiktor laia pada tanggal 19 Juni 2023 tanpa memenuhi syarat pengangkatan pemberhentian bpd bersadarkan UU nomor 06 tahun 2014 tentang desa dan Permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang bpd,Ukapnya Benasokhi Ndruru kepada awak media.

BPD menyampanyaikan kepada Pak Bupati Nias Selatan bahwasanya mereka sudah melaksanakan tugas sebagai pengawasan, dalam pembahasan RAPBdes, RKPdes TA.2023 melaksanakan rapat pada hari Jum’at, 09/06/2023 dan kami teruskan pada hari Sabtu, 10/06/2023 pembahasan RAPBdes, RKPdes 2023 daftar hadir/ berita acara sudah kami buat.

Yang membuat kami kesal atau kecewa sama “WL” kades bawosalo’o dao – dao kecamatan hilimegai saat kami terima surat pemberhentian sebagai bpd desa bawosalo’o dao – dao, kenapa.? Hak kami masih belum di bayarkan kades dalam hal ini operasional bpd tahun 2022 sebesar Rp. 20.065.000.- di tambah sisa honor perangkat desa yang belum terbayarkan sampai saat ini, tapi kenapa kami yang di paw kan aturannya dia yang di nonaktifkan menurut berita acara keputusan di kantor kadis dpmd kabupaten nias selatan poin ke – 11 menyatakan apabila kepala desa tidak menyerahkan dokumen sebagaimana yang tertuang di dalam berita acara ini, maka kepala desa bersedia di evaluasi untuk di berhentikan sementara dan poin ke- 04 menyatakan ; Hak – hak BPD TA.2021 dan 2022 dan SILTAP perangkat desa dibayarkan oleh Kaur Keuangan Paling lambat hari Jumat 09/06/2023.

Selanjutnya belum pernah kami melaksanakan rapat internal bpd untuk permohonan pergantia antara waktu (paw) bpd desa bawosalo’o dao- dao, ada apa di balik ini.Ukapnya Benasokhi Ndruru kepada media saat mereka datang di walo Gren sama beliau Bupati Nias Selatan.

Beliau Bupati Nias Selatan DR.HILARIUS DUHA, SH.MH. merespon keluhan mereka dan menyatakan akan saya panggil kades, camat bersama bpd untuk meninjau ulang sk paw itu yang di keluarkan oleh Kabag hukum Setda Nias Selatan dan untuk membayarkan hak – hak bpd dalam hal ini operasional dan sisa honor perangkat desa tahun 2022 yang belum terbayarkan.

Pertemuan singkat di walo gren sama pak Bupati Nias Selatan bpd bawosalo’o dao – dao kecamatan hilimegai menyampaikan kepda awak media sangat mengapresiasi kinerja pak Bupati Nias Selatan bahwa beliau selalu menjalankan visi misinya jujur, sederhana dan merakyat.

Dalam pertemuan singkat itu BPD dengan Beliau Bupati Nias Selatan menyampaikan kepada mereka minggu depan saya undang kalian semuanya dan meminta kami berfoto bersama Beliau Bupati Nias Selatan. Ukapnya bpd kepada awak media.

Pewarta.(((F.L)))
Editor. (((Denz)))