Garda News ~ Surabaya
Rabu, 05 Jan 2022 21:20 WIB

SD-SMP di Surabaya Belum Siap Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen
Esti Widiyana – detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 21:20 WIB
Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya Yusuf Masruh/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya – Surabaya akan bertahap menuju Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya Yusuf Masruh.
Yusuf mengatakan, maksud dari PTM 100 persen yakni persentase dari kapasitas kelas. Bukan persentase jumlah murid.

“Bahwa 100 persen itu dari kapasitas, bukan jumlah siswa. Nah ini nanti kita sampaikan ke teman-teman kepala sekolah. Dan nanti kita tetap berjalan PTM 50 persen sambil evaluasi seperti ruang kelas dan jaraknya,” kata Yusuf kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Yusuf juga mengatakan, PTM dilakukan bertahap mulai 50 persen. Kemudian 75 persen dan 100 persen dengan harapan berjalan lancar.

“Segera mungkin kita laksanakan. Dengan harapan kita, semua anak didik itu bisa tatap muka di sekolah. Konsultasi permasalahan waktu daring kan gitu,” ujarnya.

Nantinya juga akan ada rolling siswa yang PTM. Untuk waktu dan harinya akan disesuaikan.

“Mungkin 50 hari ini tatap muka, 50 besoknya. Digilir nanti yang daring masuk nanti,” terangnya.

PTM 100 persen harus atas izin dari orang tua siswa. Pihaknya juga meyakinkan wali murid dengan keamanan tenaga didik, hingga prokes ketat di sekolah.

“Nanti harapan kita semua komponen elemen yang di sekolah bisa menerima. Soalnya kan memang ya tadi kalau evaluasi-evaluasi itu, harapan kita menumbuhkan keyakinan ortu,” jelasnya.

Jika ada wali murid yang tidak memberi izin, pihaknya tetap akan mensosialisasikan PTM. “Makanya evaluasi tadi kan tidak hanya di kapasitas, tapi juga orang tua supaya bisa memahami. Nanti kita bisa jelaskan kalau kondisi COVID sudah melandai, saya yakin orang tua siswa setuju,” pungkasnya.

(( Redaksi ))
editor ( Denz )