Mobil ‘DISHUB’ Buang Sampah Sembarangan di Puncak Bogor, Ini Kata Pj Bupati

Garda News ~ Bogor

Video memperlihatkan penumpang mobil pelat merah dengan tulisan ‘DISHUB’ buang sampah sembarangan, viral di media sosial. Pj Bupati Bogor Asmawa Tosefu memberikan tanggapan.
“Bukan mobil milik Kabupaten Bogor, pelat B kan,” kata Pj Bupati Bogor Asmawa Tosefu ditemui di Simpang Gadog, Senin (15/4/2024).

Asmawa menyebut, belum menerima laporan terkait siapa orang dalam mobil tersebut. Akan tetapi, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pemilik mobil pelat merah terkait viral mobil Dishub buang sampah sembarangan di Jl Raya Puncak.

“Sampai saat ini belum ada (laporan). Kita memang berharap jangan sampai terjadi seperti itu lah, karena ini memang menjadi budaya kita semua sebenarnya,” kata Asmawa.

“Pasti lah (akan koordinasi),” imbuhnya.

Asmawa mengatakan, imbauan agar menjaga kebersihan di lokasi-lokasi wisata kerap disampaikan ke pengelola dan wisatawan. Ia juga meminta wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan di jalanan.

“Kalau imbauan itu, sejak pada saat monitoring dengan Pak Menteri Pariwisata Pak Sandiaga Uno sudah ditekankan bahwa ayo kita jaga bersama kebersihan di lokasi lokasi wisata, termasuk di jalan yang dilewati,” kata Asmawa.

“Makanya perilaku budaya bersih, budaya membuang sampah pada tempatnya itu selalu kita sampaikan, sehingga Kabupaten Bogor, terutama daerah daerah wisata terjaga kebersihannya,” imbuhnya.

Dalam video viral yang dilihat detikcom, Senin (15/4), tampak satu unit mobil warna putih dengan pelat merah B 1460 PQT melaju di tengah kepadatan lalu lintas. Di bagian belakang mobil tersebut terlihat dengan jelas tulisan ‘DISHUB’.

Masih dalam video itu, terlihat sampah terlempar dari dalam mobil ke sebelah kiri jalan. Sampah itu diduga dilempar melalui kaca samping kursi penumpang.

“Sekali lagi siapapun kalian jaga lingkungan berikut video tangkapan dashboard mobil yang sedang melintas di jalur Puncak pada tanggal 14/04 sekitar jam 15.36 WIB,” tulis pemilik akun memberi keterangan video yang diunggahnya, Senin (15/4).

“Halo. Saya kebetulan tadi sore lagi di jalur Puncak one-way arah Jakarta dan depan saya ada mobil Dishub plat B yang ketahuan buang sampah juga nih seperti video viral beberapa waktu lalu,” tulisnya lagi.

((( Red )))
Editor (( Denz ))