GARDA NEWS ~ GARTI

Danramil 0819/21 Purwosari Kapten Czi Mukrab dengan didampingi Babinsa Desa Pager Serda Sugito hadiri kegiatan Tasyakuran Desa. Pada acara tersebut di selenggarakan dari pihak Pemerintah Desa yaitu Kepala Desa Pager Bapak Durajak.

Dalam pelaksanaannya kegiatan dikuti dari semua lapisan masyarakat desa setempat, instansi Koramil 0819/21 Purwosari, Polsek Purwosari dan pihak Kecamatan Purwosari. Acara tergelar di satu lokasi yaitu di Balai Desa Pager Dusun Pager Lor Desa Pager Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan tasyakuran desa diawali dari tradisi selamatan menurut adat jawa yang istilahnya mengungkapkan rasa syukurnya khususnya masyarakat Desa Pager kepada Allah SWT. Sabtu, 15/7/2023.

Dalam sambutannya, Kapten Czi Mukrab Danramil 0819/21 Purwosari menyampaikan bahwa kegiatan tasyakuran desa menurut istilah adat jawa yaitu mengungkapkan rasa syukur masyarakat Desa Pager kepada Allah SWT.

“Namun seiring dengan perkembangan zaman, dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kegiatan keagamaan sesuai didaerahnya masing-masing. Slametan itu sendiri berasal dari kata Slamet yang berarti selamat, bahagia dan sentosa,” jelas Danramil 0819/21 Purwosari.

H. Akhmad Budiono selaku Camat Purwosari saat berikan sambutan mengatakan Selamat dapat dimaknai sebagai keadaan lepas dari insiden-insiden yang tidak dikehendaki. Sehingga slametan bisa diartikan sebagai kegiatan-kegiatan masyarakat Jawa yang biasanya digambarkan sebagai tradisi ritual, baik upacara di rumah maupun di desa, bahkan memiliki skala yang lebih besar.

Semoga apa yang telah kita dapat dalam mewujudkan suatu Pemerintahan Desa khususnya benar-benar dapat memberkahi kita semua dan mudah-mudahan pada tahun berikutnya apa yang kita harapkan bersama-sama dapat terwujud, “pungkas Camat Purwosari”.

Hadir dalam kegiatan diantaranya H. Akhmad Budiono, S.KEP., NS., MM. (Camat Purwosari), Kapten Czi Mukrab (Danramil 0819/21 Purwosari, AKP Hudi Suprianto, SH (Kapolsek Purwosari), Ustad Sulhan (Memimpin Pembacaan Khotmil Qur’an), Bapak Durajak (Kepala Desa Pager), Serda Sugito (Babinsa Desa Pager), Aiptu Taufik Hidayat (Bhabinkamtibmas), Para perangkat Desa dan Kasun Desa Pager Serta Tomas, Toga dan Toda sebanyak 15 orang.

((( Mat Sukeni )))
editor (Denz)