Warga Sambut Antusias, BPN Sosialisasi PTSL PM di Desa Mirat

GARDA NEWS ~ MAJALENGKA

Warga Desa Mirat, Kecamatan Leuwi Munding, Kabupaten Majalengka, begitu antusias mengikuti agenda sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap berbasis Perisipasi Masyarakat (PTSL PM) Tahun 2024. Terbukti, sosialisasi yang dilaksanakan di Aula desa, Jum’at (23/02/2024) tersebut begitu dipadati oleh warga setempat.

Menurut hasil pantauan, sosialisasi PTSL PM tersebut dihadiri oleh Kepala BPN, Kasie Intel Kejaksaan, Staf Ahli Bupati dan Kanit Tipikor Mapolres Majalengka.

Saat diwawancara, Kepala Desa Mirat, Asep Sumekar, mengaku sangat gembira karena desa yang dipimpinnya mendapat bantuan kuota PTSL PM. Untuk itu, Asep tak lupa menyampaikan rasa terimakasih pada pemerintah dan pihak-pihak terkait.

“Saya, atas nama warga Desa Mirat sangat berterimakasih dengan adanya program PTSL PM ini. Program ini jelas sangat membantu masyarakat dalam hal legal aspek kepemilikan lahan mereka,” ucap Asep.

Lebih jauh, Asep mengatakan, ada sekitar 3350 bidang tanah yang diukur. Namun, sementara ini baru 2500 bidang yang dicetak sertifikatnya. Kendati begitu, jumlah tersebut sudah sangat membantu warga masyarakat termasuk aparatur pemerintahan di Desa Mirat.

Sekadar tambahan, masih kata Asep, untuk pembuatan sertifikat yang berhubungan dengan fasilitas umum keagamaan semisal mushola, masjid, pondok pesantren, dan madrasah tidak dipungut bayaran sama sekali.

“Semua fasilitas umum tersebut saya gratiskan,” pungkas Asep.

Rukmana AP
Editor ( Denz )