Waka MPR Minta Kualitas Lingkungan Belajar PAUD Ditingkatkan

Garda News ~ Jakarta

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta peningkatan kualitas lingkungan belajar pendidikan anak usia dini (PAUD) harus konsisten dilakukan. Hal ini sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM) nasional yang lebih baik.
“Upaya mempersiapkan SDM nasional sejak usia dini harus dengan langkah yang tepat, termasuk kualitas lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan generasi penerus bangsa,” kata Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Rabu (13/3/2024).

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan Rapor Pendidikan 2024 dari Kemendikbudristek Pasalnya Rapor Pendidikan itu ditujukan untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang berkelanjutan.

Rapor Pendidikan 2024 turut menghadirkan pembaruan data tentang kualitas lingkungan belajar untuk satuan pendidikan di jenjang PAUD. Secara umum Rapor Pendidikan merupakan laporan yang menampilkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan data dari hasil asesmen dan survei-survei nasional yang melibatkan satuan pendidikan dan daerah.

“Perhatian terhadap kualitas lingkungan belajar di jenjang PAUD harus menjadi kepedulian bersama para pemangku kepentingan,” jelasnya.

Dia mengingatkan tantangan bangsa di masa depan membutuhkan SDM nasional berkualitas yang memiliki daya saing tinggi. Oleh karena itu meningkatkan kualitas lingkungan belajar PAUD perlu dilakukan secara konsisten.

Penguatan sektor PAUD yang menjadi bagian dari proses pembangunan SDM nasional, merupakan langkah strategis yang harus direalisasikan,” ungkapnya.

Menurutnya, kehadiran SDM berkualitas bisa membantu Indonesia untuk mempercepat mewujudkan sebagai negara maju. Sekaligus bisa membuat Indonesia mampu menghadapi berbagai tantangan zaman.

“Indonesia membutuhkan anak bangsa yang tangguh dan berdaya saing untuk memenangi setiap persaingan di berbagai bidang pada era globalisasi yang sarat dengan perubahan,” tutupnya.

((Red))
Editor ( Denz )