Tinjau UMKM di SeliweRUN, Ganjar Dorong Ketahanan Pangan-Entrepreneurship

Garda News ~ Jakarta

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo meninjau UMKM yang berkolaborasi dalam acara Penguin SeliweRUN yang digelar di Senayan Park, Jakarta. Ganjar mengungkapkan rasa senangnya karena adanya partisipasi ketahanan pangan dari petani-petani muda.
“Saya senang karena tadi ada partisipasi dari ketahanan pangan dan hilirisasi petani-petani muda,” ucap Ganjar dalam keterangan tertulis, Minggu (14/1/2024).

Dalam acara tersebut juga ditampilkan booth UMKM di antaranya Teh GP (Gede Pangrango), Kodesi (Koperasi Desa Sejahtera Indonesia), Uban Man, Distro Ganjar, dan booth ketahanan pangan dan hilirisasi.

Saat mengunjungi booth Teh GP, ia menyebutkan teh yang dijajakan dalam booth itu memiliki potensi yang sangat besar. Hal itu patut jadi contoh dalam ketahanan pangan dengan pemanfaatan pangan pedesaan, hilirisasi produk pertanian dan penguatan dengan perkotaan.

Ia juga mendorong pelaku UMKM untuk terus mengoptimalkan potensi yang ada, sehingga bisa menjadi nilai tambah baik untuk ketahanan pangan maupun untuk UMKM itu sendiri.

“Lalu di sana ada TGP dari Gede Pangrango dan mereka punya the dengan harga yang sangat mahal. Saya pernah lihat kebunnya sangat kreatif sampai pada cara menyajikannya ada nilai tambah dari mereka jualan teh itu keren banget,” jelas Ganjar.

Kemudian, ia juga menegaskan terkait entrepreneurship yang harus dioptimalkan. Salah satunya seperti acara Penguin SeliweRUN. Peluang-peluang yang muncul saat mengembangkan bakat menjadi satu upaya untuk menangkap lapangan pekerjaan.

“Tadi juga ada anak-anak kreatif yang coba menggali bakatnya dan kemudian dimunculkan pada dirinya sisi entrepreneurship. Menurut saya ini bagian dari cara bagaimana menangkap lapangan pekerjaan,” tutupnya.

(((Red)))
Editor ( Denz )