Garda News ~ Jakarta
Minggu, 30 Januari 2022 16:34 WIB

Seragam baru petugas satpam berwarna krem akan diperkenalkan pada HUT satpam ke-41 yang akan digelar pada 2 Februari 2022. Pengenalan itu sedianya dijadwalkan pada 31 Januari 2022, tapi diundur.
“Acara HUT satpam diundur tanggal 2 (Februari),” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, saat dimintai konfirmasi, Minggu (30/1/2022).

Ramadhan tidak menjelaskan alasan pengunduran jadwal tersebut. Dia mengatakan, saat acara itu, seragam baru petugas satpam akan diperkenalkan.

“Besok pas upacara HUT satpam baru diperkenalkan warna krem baju seragam satpam yang baru,” ujarnya.

Ramadhan menjelaskan seragam baru tersebut akan mulai digunakan setelah Perpol No 2 Tahun 2020 tentang Pamswakarsa selesai direvisi. Masa berlaku seragam itu sekitar 1 tahun.

“Dan akan diberlakukan setelah revisi Perpol No 2 tahun 2020 tentang Pamswakarsa selesai. Akan diberi masa tenggang waktu pemberlakuannya sekitar setahun, sejak disahkan Perpol selesai direvisi,” paparnya.

Dia mengatakan satpam perlu memiliki identitas yang berbeda dengan Polri. Perbedaan identitas itu sebut Ramadhan agar masyarakat tidak bingung.

“Satpam sekarang menjadi profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu identitas yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya dan seragam institusi lainnya.”

“Perlunya identitas sendiri agar tidak terjadi kebingungan warga masyarakat terhadap Polri dan satpam. Namun, satpam tetap memiliki kebanggaan dengan seragam barunya,” ucapnya.

Sebelumnya, Polri akan mengubah warna seragam petugas satpam dari cokelat muda menjadi krem. Seragam baru satpam berwarna krem bakal diperkenalkan pada hari ulang tahun (HUT) satpam yang ke-41, yang jatuh pada 31 Januari 2022.

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41. Dan pada saat hari ulang tahun satpam tersebut akan diperkenalkan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jaksel, Kamis (13/1).

Ramadhan mengatakan akan ada upacara di HUT satpam yang ke-41 itu. Pengenalan seragam satpam baru bakal diperkenalkan dalam upacara.

pewarta ((( Redaksi )))
editor ( Denz )