GARDA NEWS – SANGGAU KALBAR

Peduli terhadap kesehatan masyarakat perbatasan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns melakukan pengobatan door to door di Dusun Segumon, Desa Lubuk Sabuk, Kec. Sekayam, Kab.Sanggau. Minggu (08/05/2022).

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangannya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau mengatakan kegiatan pengobatan ini dilakukan oleh 2 orang tenaga kesehatan Pos Segumon yaitu Prada Niko A. Dan Prada Zeno W yang mendatangi rumah-rumah warga Dusun Segumon.

Kegiatan pengobatan door to door ini rutin dilaksanakan oleh seluruh tenaga kesehatan yang berada di pos-pos jajaran Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns guna membantu melindungi kesehatan warga sekitar pos dan juga mendeteksi penyakit yang akan di konsultasikan lebih lanjut ke rumah sakit terdekat.

Jarak yang cukup jauh dari kampung ke Puskesmas adalah salah satu kendala masyarakat perbatasan apabila akan berobat, disini kami Satgas Pamtas hadir untuk mengatasi kesulitan masyarakat di bidang kesehatan sesuai dengan program Pemerintah menuju Indonesia sehat, terang Dansatgas.

“Pengobatan yang dilakukan anggota meliputi pemeriksaan kesehatan cek tensi darah, konsultasi kesehatan serta pemberian obat obatan, semoga hal ini dapat membantu kesulitan masyarakat yang jauh dari puskesmas ataupun rumah sakit,” imbuh Dansatgas.

Terpisah Danpos Segumon Letda Inf Ahmad Siswanto mengatakan kegiatan pengobatan door to door ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kami Satgas Pamtas akan kesehatan masyarakat sekitar dan juga merupakan program kami dalam membantu kesulitan masyarakat di bidang kesehatan.

“Warga tidak perlu repot-repot untuk berobat ke puskesmas yang jaraknya cukup jauh dari kampung, disini kami periksa dan kami berikan obat gratis, apabila ada penyakit dalam atau yang parah akan kami konsultasikan dengan pihak puskesmas,” ujar Danpos.

Sementara itu ibu Rismawati (46 Th) mengaku sangat senang dengan kunjungan anggota Satgas Pamtas yang melakukan pengobatan dari rumah ke rumah hal ini sangat membantu kesulitan warga yang akan berobat ke puskesmas dengan jarak yang jauh dan medan yang sulit.

“Terima kasih bapak-bapak TNI sudah peduli dengan kesehatan kami warga disini, kami tidak perlu lagi jauh-jauh berobat,” ucap Rismawati (Pen Satgas Pamtas 643).

(( Red ))
editor ( Denz )