KPU Rapat Pleno Hasil Perhitungan Perolehan Suara di Tingkat Kabupaten Bandung 2024

Garda News ~ Soreang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Sultan Raja Jumat (01/3/2024).

Ketua KPU Kabupaten Bandung Syam Zamiat Nutsaymsy Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Syam menyampaikan, puncak tahapan pemilu pada tanggal 14 februari telah dilalui bersama, para caleg dan partai politik sudah menjalankan peran sebagai peserta pemilu. Untuk itu dalam rapat pleno rekapitulasi suara pemilu yang dilaksanakan ia meminta agar para caleg dan partai politik dapat menerima hasil rekapitulasi.

“Tahapan kita sudah kita lalui kerang lebih satu tahun lebih puncaknya ada di tanggal 14 februari 2024, bapak ibu caleg partai politik sudah memainkan perannya dengan cara dan triknya masing-masing, hasilnya hari ini akan kita ikuti bersama. Hanya satu pesan saya kita semua umat yang beragama Tuhan sudah mengajarkan bahwa semua itu ada waktu jadi kalau hari ini saya belum dapat itu bukan waktu saya, jadi apapun keputusannya, hasilnya mari kita terima sama-sama dan rapat pleno hari ini saya berharap kita semua yang hadir disini mari kita sama-sama menjaga keamanan agar proses pleno dihari ini berjalan dengan aman dan lancar”. ujarnya

Lebih lanjut, Syam memaparkan rapat yang digelar sesuai UU no 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan Peraturan KPU (PKPU) no 25 tahun 2023 tentang pemilihan Legislatif, Presiden, Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dan PKPU no 5 tahun 2024 tentang perhitungan dan perolehan suara.

Rapat Pleno ini merupakan tahap akhir dari proses panjang penyelenggaraan Pemilu di tingkat lokal. Dalam rapat yang berlangsung tertutup ini, KPU kota/kabupaten melakukan rekapitulasi suara dari tingkat TPS hingga ke tingkat kota/kabupaten untuk menentukan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih serta anggota DPRD kota/kabupaten terpilih periode 2024-2029.

“Perhitungan rekapitulasi suara telah dilakukan dari 15 Februari Hingga 29 Februari, dan hari ini akan merencanakan Rekapitulasi dari 11 Kecamatan, target pemilih Insya Allah 86 persen tercapai, “tutupnya.

(((Beben)))
Editor ( Denz )