GardaNews ~ Maluku

Sejumlah kantor di lingkup Pemda Bursel, Provinsi Maluku maupun rumah milik sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu,
Digeledah KPK.

Penggeledahan hari kedua ini berhasil menyita sejumlah dokumen penting dalam kasus dugaan korupsi yang melibatkan mantan Bupati Bursel dua periode, Tagop S. Soulissa, berupa menerima hadiah atau janji terkait proyek pembangunan jalan dalam Kota Namrole tahun 2015 di Pemkab Bursel.

Tim KPK Obrak-Abrik Pemda Bursel Terkait Kasus Mantan Bupati Bursel
Dilaporkan, untuk hari kedua itu, proses pergerakan KPK ini dibagi dalam 3 tim. Tim pertama bergerak ke kantor bupati untuk melakukan penggeledahan lanjutan sekitar pukul 08.00 WIT. Di kantor bupati itu, tim ini melakukan penggeledahan di dinas keuangan dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang berada di lantai dua kantor daerah itu. Tim ini dikawal sejumlah anggota Brimob bersenjata laras panjang lengkap.

Pukul 11.10 WIT, mantan Sekretaris Dinas PU Kabupaten Bursel yang saat ini menjabat sebagai Kepala ULP Kabupaten Bursel, Rusman Ely keluar meninggalkan kantor bupati didampingi salah satu penyidik KPK dan dikawal anggota Brimob. Pukul 11.25 WIT, Rusman terlihat kembali bersama tim penyidik KPK ke kantor bupati.

Usai dari kantor bupati itu, tim KPK keluar dengan sejumlah koper berisi berkas yang diambil dari ruangan yang digeledah itu. Tim ini kemudian bergerak ke dinas PU untuk melakukan penggeledahan dan pemeriksaan di dinas tersebut. Tim menggunakan 5 mobil saat melakukan penggeledahan. Tim ini selesai pemeriksaan sekitar pukul 17.15 WIT di dinas PU, dan mereka pun langsung menuju pantai Desa Wali untuk bersantai dan menikmati berbagai kuliner di pantai itu.

Sementara itu, Tim kedua bergerak ke kantor Bappeda dan Litbang sekitar pukul 08.20 WIT, kemudian lanjut ke Dinas Penanaman Modal Daerah dan PTSP Kabupaten Bursel sekitar pukul 11.30 WIT. Usai dari Dinas Penanaman Modal Daerah dan PTSP itu, tim ini menuju rumah milik Kepala Bidang Binamarga Dinas PU Kabupaten Bursel Josep AM Hungan alias Jefri sekitar pukul 15.50 WIT.

Hampir sejam melakukan penggeladahan di rumah Jefri Hungan, Pukul 14.45 WIT tim kemudian bergerak menuju rumah mantan Kadis PU Kabupaten Bursel yang juga mantan Calon Bupati Kabupaten Bursel, Abdurahman Soulisa di Desa Lektama. Tim ini mendapat pengawalan ketat dari anggota Brimob yang keluar dari rumah mantan Kadis PU tepat Pukul 17.20 WIT dan terlihat tidak melanjutkan proses penggeledahan lagi.

Sedangkan tim ketiga terlihat bergerak ke kantor Inspektorat dan Kantor Dinas Sosial Bursel sekitar Pukul 08.00 WIT menggunakan 3 mobil Avanza dikawal anggota Brimob bersenjata laras panjang.

Setibanya disana, tim KPK langsung melakukan penggeladahan dan berhasil menyita dokumen-dokumen penting yang dibawa dengan sejumlah koper.

Usai dari situ, sekitar Pukul 11.11 WIT, tim bergerak ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bursel. Usai melakukan penggeledahan di kantor yang kini dipimpin oleh Umar Mahulette itu, selanjutnya tim melanjutkan penggeledahan di Rumah Kepala Seksi Perencanaan Bidang Pengairan Dinas PU Kabupaten Bursel, Agus Mahargianto sekitar pukul 15.10

pewarta (((DL)))
editor ( Denz )