GARDA NEWS – SUMEDANG

Koramil 1002/ Cimalaka Kodim 0610/Sumedang melakukan panen jagung hibrida di lahan demplot, yang merupakan aplikasi penggunaan Bios 44 DC, yang berada di Blok Pasir peusing Desa Naluk Kecamatan Cimalaka, Senin (17/07/2023)

Panen tersebut dihadiri Forkopimcam Cimalaka, UPTD Pertanian Cimalaka, siswa SMK Pertanian Cimalaka, Kepala Desa Cimalaka, anggota Koramil Cimalaka, anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 3, serta kelompok tani binaan Koramil Cimalaka.

Danramil 1002 /Cimalaka, Kapten Inf. Lesly Darmawan mengatakan, panen jagung ini dalam rangka mendukung ketahanan pangan di wilayah teritorial Kodim 0610 Sumedang, khususnya di wilayah Koramil 1002 Cimalaka.

Dikatakan Danramil bahwa pembuatan lahan demplot merupakan program TNI AD untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah teritorialnya. Sehingga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Program ini dibuat sebagai contoh bagi masyarakat, dengan harapan dapat dilaksanakan dengan cara membuka kebun dan mengembangkannya. Langkah seperti ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Danramil.

Panen raya jagung ini, kata Danramil, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk menekuni dibidang pertanian agar dapat meningkatkan perekonomian. Menurutnya masyarakat saat ini sudah mulai bergerak mengikuti program yang dibuat oleh Kodim 0610 Sumedang, seperti program ketahanan pangan yang dilaksanakan saat ini.

“Hal ini dapat menguatkan ketahanan pangan di wilayah, untuk mencegah terjadinya krisis pangan. Lahan demplot seperti ini telah dikembangkan di setiap Koramil jajaran Kodim 0610 Sumedang dengan memanfaatkan lahan kosong di masing-masing koramil,” katanya lagi.
Dalam panen jagung hibrida kali ini hasilnya dibagikan kepada masyarakat sekitar.
“Panen ini merupakan wujud nyata peran TNI untuk masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah,” Pungkasnya.

(( AW ))
editor (( Denz ))