Garda News – Kuningan

Dinas koperasi UKM perdagangan dan perindustrian ( Diskopdagperin ) Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Kini telah dijadikan untuk lokasi belajar daerah lain untuk meningkatkan pelaku usaha dalam bidang perekonomian UMKM. Rombongan anggota DPRD kabupaten Indramayu, pada hari Jum’at ( 04/03/2022 )

Berkunjung ke Kabupaten Kuningan dalam rangka study banding, diterima langsung oleh Kadis di room meeting kantor Diskopdagperin Kuningan.

Dari Indramayu, yang di wakili oleh wakil Ketua DPRD, Pimpinan pansus 1 beserta anggota, Unsur Diskopdagperin Indramayu dan pejabat pungsinal Setda serta OPD terkait lain.

Dalam acara pertemuan kabupaten Indramayu, meminta resep dari Kuningan, guna mendorong untuk mendongkrak memajukan UMKM, Karena Kabupaten Kuningan telah banyak menyabet beberapa trophy penghargaan pada tahun 2021.

Sementara DPRD Indramayu telah menggodok dalam membahas Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Indramayu,. mengenai tentang pemberdayaan dan pengembangan pelaku UMKM di Indramayu, karena memandang dari sektor usaha di bidang UMKM Kabupaten Kuningan, semakin lebih maju pesat perkembangannya, sekalipun belum memiliki Perda untuk pengembangan UMKM.

Kepala Diskopdagperin Kuningan, U Kusmana, “Memaparkan tentang berbagai tipe giat, juga sosialisasi aplikasi sistem informasi bagi pelaku usaha atau dikenal dengan sebutan SiBaDu MiRakyat.

“Saya di sini tidak bekerja sendiri melainkan memakai konsep Heksahelix, Yaitu melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan para akademisi,para pelaku usaha, komunitas masyarakat, lembaga financial, Pemerintah dan Media, “Jelasnya.

“Masih menurut Kusmana, seperti kerjasama dengan paguyuban pengelola Destinasi.Wisata Kuningan atau PP Dewiku.

Di mana pihak dinas mengawal UMKM grebeg obyek wisata dan ada juga optimalisasi pusat layanan usaha terpadu ( PLUT ) memiliki 5 Konsultan untuk melayani kebutuhan UMKM dari sektor SDM, pembiayaan, kelembagaan, produksi dan pemasaran nya.

Selanjutnya UMKM memaksimalkan fasilitas 3 unit mobil untuk melakukan promosi produk UMKM dalam berbagai event, Akademisi jugaperlu di rangkul untuk pendampingan pelaku UMKM, termasuk merangkul juga lembaga keuangan, Mulai dari Bank BRI, Bank Kuningan, bank BJB BAZNAS dan Pegadaian Kuningan, tak lupa, “Ia bekerja sama dengan Media Online berupa program jelajah UMKM sebagai Media Edukasi Motivasi kepada para pelaku usaha UMKM Supaya dapat naik dalam Media promosi pemasaran produknya.

U Kusmana berhary dalam kunjungan kerja DPRD kabupaten Indramayu, dapat turut memberikan kontribusi Motivasi bagi Diskopdagperin Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan kinerja, walaupun dirasa pasca Wabah Dunia melanda Covid-19, secara tidak langsung belajar dengan daerah lain cara bertukar informasi.

Dalam Kunjungan ini, pada tahun 2021 setelah sebelumnya dari kota Tangerang, di tahun 2021 ada 12 Kabupaten) Kota lain yang telah berkunjung ke kota Kuda Kuningan, “paparnya.

pewarta ((( Aw )))
editor ( Denz )