GARDA NEWS ~ GRATI PASURUAN

Festival adat dan selamatan desa merupakan acara tahunan yang sudah turun temurun di lakukan oleh masyarakat Desa Jimbaran Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan.

Budaya warisan leluhur ini sampai sekarang masih tetap dilaksanakan dan dilestarikan oleh masyarakat Desa Jimbaran.

Festival adat ini diarak berkeliling desa dan berakhir di Balai Desa Jimbaran dan dilanjutkan selamatan desa yang di ikuti oleh seluruh masyarakat Desa Jimbaran. Rabu (19/07/23)

Acara tersebut dihadiri oleh Edi Santoso Camat Puspo, AKP Kuncoro Kapolsek Puspo, Serma Marcel Babinsa Koramil 16 Puspo mewakili Danramil, Amin Tohari Kades Jimbaran beserta perangkat dan Masyarakat Desa Jimbaran.

Amin Tohari Kepala Desa Jimbaran mengatakan “Festival adat dan selamatan desa adalah warisan leluhur yang harus kita pertahankan dan kita dilestarikan, kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahunnya,” kata Amin Tohari dalam sambutannya.

“Semoga seluruh warga masyarakat Desa Jimbaran  dihindarkan dari segala musibah dan bencana, serta diberi kemudahan dalam segala usaha,” pungkas Amin.

Serma Marcel juga menambahkan bahwa “Kegiatan ini sebagai bentuk syukur atas nikmat karunia yang Alloh berikan kepada seluruh masyarakat Desa Jimbaran. Melalui acara Ini diharapkan masyarakat tetap guyub dan rukun sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses tanpa hambatan apapun,” kata Marcel mewakili Danramil.

Festival Adat dan selamatan Desa ini diakhiri dengan Do’a dan ditutup dengan perebutan Ancak atau hasil bumi dari masing masing dusun oleh seluruh warga.

(Mat sukeni)
Editor (Denz)