GardaNews-Ambon

PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ambon melakukan uji coba elektronik ticket (E-Ticket) atau pembayaran non tunai, pada jasa feri penyeberangan jurusan Galala – Poka, yang dilakukan mulai dari pukul 12.00 WIT hingga selesai, jumat (19/08/2022).

Kartu elektronik ticket (E-Ticket) wajib dimiliki calon penumpang. Penerapan ini bertujuan meminimalisir penggunaan uang tunai dan penggunaanya hanya perlu scan kartu ke mesin dan secara otomatis tiketnya dicetak.

“Jadi sekarang kartu elektroniknya disediakan di pelabuhan Ferry Galala dan akan di terapkan ke semua pelabuhan Ferry di Maluku, bagi penumpang yang ingin beli tiket maka bisa langsung beli kartu,” ucapnya.

Lanjut Kata General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ambon, Anton Murdianto menjelaskan Top up atau pengisian saldo dapat dilakukan di bank yang bekerja sama dengan ASDP, yakni Bank Mandiri dengan metode pembayaran menggunakan kartu elektronik (cashless) ini dapat digunakan dari e-Money Bank Mandiri. Top up juga dapat dilakukan di Dana, OVO dan lain- lain, dengan jumlah minimal Rp10 ribu. Ia menyebut jumlah ini sudah cukup sesuai standart kebutuhan penumpang, sehingga kartu-kartu ini dapat dipergunakan calon penumpang, ungkapnya.

“Kita baru perdana uji coba pembelian tiket mengunakan kartu elektronik di loket yang ada di pintu masuk pelabuhan Ferry Galala, dan setelah itu akan diberlakukan juga untuk pelabuhan Ferry Hunimua” ungkap General Manager ASDP Ambon, Anton Murdianto.

Sementara itu Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Maluku Herman Haurissa menyampaikan bahwa; ” Dengan adanya sistem Digitalisasi ini maka lebih memudahkan sistem kerja PT. Jasa Raharja Cabang Maluku sendiri dalam mengelola data dari PT. ASDP yang telah mengasuransikan muatannya kepala
PT. Jasa Raharja selaku pemberi tanggungan terhadap resiko yang timbul karena
pengoprasian pengangkutan, ” terangya.

“Begitu pula dengan adanya inovasi terbaru dalam dunia digitalisasi yang dapat mempermudah administrasi dan memudahkan Proteksi terhadap kapal dan mesinnya dari segala risiko yang bisa saja terjadi di laut, daan berapa jumlah kendaraan yang perlu di asuransikan dan di klaim jaminan saat kecelakaan, ” tutur Jumahur Kepala PT. Jasa Raharja Putera.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, General Manajer PT ASDP Cabang Ambon Anton Murdianto, Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Maluku Herman Haurisa, Manager BOP PT ASDP Cabang Ambon Isra Ali, Kepala Unit Operasional PT Jasa Raharja Cabang Maluku I Komang Gde Artha Negara, Kepala PT. Jasa Raharja Putera Jumahur, Perwakilan Perhubungan, dan unsur terkait.

Wartawan:Karel Sairnuny
editor ( Denz )