SMP Madrasah Tsanawiyah” Darul ulum ” Diduga banyak Menahan ijasah.!!! Apa boleh dokumen negara ijasah ditahan..???

Garda News ~ Majalaya

SMP Madrasah Tsanawiyah Darul ulum yang ada di wilayah Jl. Rancajigang Desa Padamulya Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. diduga banyaknya menahan ijasah siswa-siswinya.

“Ini sangat mengkhawatirkan karena sampai saat ini masih ada juga sekolah atau madrasah yang menahan ijazah siswanya,”Kata Denz”. Majalaya, Kamis 1-2-24

Denz” mengatakan telah menerima aduan dari orang tua peserta didik salah satu MTs Darul ulum di Kab Bandung yang menahan ijazah atau surat keterangan lulus (SKL) karena masih memiliki tanggungan biaya yang belum dilunasi.

“Ada penahanan ijazah meskipun bahasa yang digunakan sekolah menyimpan ijazah. Ada masyarakat yang merasa tidak diberikan ijazahnya karena persoalan biaya.

Denz” mekonfirmasi kepada pihak sekolah bapak ika selaku kepala sekola SMP Darul ulum di ruangan kantornya” Sekira pukul 10:00 wib, Dan kepala Sekoala menyampaikan ke awak Media gardanewsindonesia.com, “Siswa yang ditahan SKL atau ijazahnya karena masih memiliki tunggakan infaq dan Administrasi lainya, Salah satu alumni Siswi Darul ulum beranisial (M) mempunyai tungakan sebesar Rp. 540.000 ( Lima Ratus Empat Puluh ribu rupiah ) kalau pihak keluarganya mau mengambil ijasah silahkan membereskan tungakan yang sudah saya kasi resi bukti selama siswi mengikuti sekolah di Darul ulum” Ujar Kepala Sekola ika”.

“Pelapor menyatakan sampai saat ini belum bisa membayarnya dengan situasi ekonomi sedang pailed, siswi ingin melanjutkan sekolah menengah kejuruan dan lanjut kuliah, ” ujar awak Media”

Menurut ibu siswi, Disamarkan (E) meminta bantuan ke saudaranya yang bernama ” Denz” untuk menguruskan untuk meminta kebijakan kepada pihak sekola.

Di sela-sela Sekola SMP MTs Darul ulum tersebut banyaknya dokumen penahanan ijazah kerap terjadi, Dan Sekola Darul ulum Yang ada beralokasi jl. Rancajigang Desa padamulya kec Majalaya, Warga sekitapun menjadi ajang perbincangan ke setiap orng agar tidak memasukan anaknya di sekolah Darul Ulum, Karena banyaknya biaya yang harus di tempuh dan ketika orng tua siswa anak nya sudah lulus ada kendala tungakan, Pihak Sekola Darul ulum tidak mengasih kebijakan sedikitpun kepada orang tua siswa”.

Denz” Menindaklanjuti dengan pihak Kemenag koordinasi sejauh mana mengarahkan ke sekola Mts, Mi yang bersangkutan dengan Kemenag, Ingin dengar apa yang bisa dilakukan,” kata Denz”.

Kepala Seksi Kelembagaan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Harus mengetahui bahwa ada penahan ijasah dikarenakan terkendala biaya tungakan yang tidak pantasnya untuk di perjual belikan dokumen negara arsif vital tersebut.

Pihak Orang Tua siswa Menyapaikan Ke awak Media Bahwa sekolah MTs Darul ulum harus di tindaklanjuti ke bagian kemenag agar ada binaan dan tidak mempersulit semua siswa-siswi yang belum bisa membayar tungakan.” Ujar ibu S”. Ke awak Media.

Mungkin kasus serupa tidak berulang di kemudian hari dan meminta seluruh madrasah dapat membedakan antara urusan yang menjadi tanggung jawab orangtua dengan hak anak setelah menyelesaikan pendidikan di madrasah.

“Hak anak harus diberikan. Saya harap tidak ada penahanan apakah itu SKL atau ijazah. Kalau ada masalah finansial, ya berembug dengan orang tua,” pungkasnya”.

(((Red)))
Editor (Usep)