GARDA NEWS ~ SUMEDANG

Menurut isu yang berkembang, program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Cimalaka diduga telah terjadi pungli bagi siswa yang ingin belajar di sekolah tersebut. Utamanya dugaan pungli ini terjadi pada calon peserta didik yang melalui jalur zonasi. Namun, saat ditelusuri lebih jauh, ternyata isu atau kabar burung tersebut hanya isapan jempol belaka.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala SMA Negeri 1 Cimalaka, Ade Rohendi membantah keras. Justru, ia beserta jajarannya bekerja extra hati-hati dan pofesional dalam menyeleksi calon peserta didiknya,” ucap Ade, Kamis (26/7/2023).

Ade menduga pihak yang menghembuskan informasi miring tersebut adalah kompetitor yang kurang senang karena sekolahnya sepi peminat, sementara SMA Negeri 1 Cimalaka malah sebaliknya.

“Saya mahfum setiap kali PPDB selalu ada pihak yang bermanuver, bahkan tak segan menjatuhkan nama baik sekolah yang jumlah pendaftarnya banyak. Ini disebabkan sekolah yang dipimpin mereka tak mampu atau susah mencapai target jumlah siswa yang diinginkan,” papar Ade.

Kendati demikian, Ade tak merasa marah atau kecewa. Karena fokusnya satu, ingin membawa SMA Negeri 1 Cimalaka menjadi sekolah yang bisa menelurkan siswa-siswi terbaik. Baik dari segi akademis maupun non akademis, sehingga out put-nya bisa mengharumkan Kabupaten Sumedang.

Untuk bisa mencapai cita-cita atau target tersebut, Ade beserta jajaran di bawahnya terus berupaya berbenah diri untuk memberikan yang terbaik bagi para peserta didiknya. Misal, mengembangkan kemampuan guru secara terus menerus dalam hal memberikan pelajaran.

Bukan hanya masalah tenaga pendidik, menurut Ade, SMA Negeri 1 Cimalaka juga terus berusaha bersolek diri dengan cara melengkapi fasilitas sekolah yang memadai. Misalnya, menciptakan sekolah dengan ruang kelas nyaman yang dilengkapi dengan peralatan pembelajaran canggih. Misal, proyektor, komputer, laboratorium sains, laboratorium komputer, perpustakaan, lapangan olahraga, dan ruang seni.

Namun, lebih dari itu SMAN 1 Cimalaka juga masih diutarakan Ade, kerap mengepankan pengembangan karakter siswa sebagai prioritas utama. Salah satu program yang dilaksanakan secara berkelanjutan ini adalah kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan sosial, dan pengembangan kepemimpinan siswa.

“Tujuannya agar para peserta didik di SMAN 1 Cimalaka dapat menjadi individu yang memiliki integritas, kepribadian yang baik, serta keterampilan,” pungkas Ade.

Elang Salamina
editor ( Denz)