GARDA NEWS – SUMEDANG

bertempat di Pendopo Kecamatan Darmaraja, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, telah menutup kegiatan peningkatan aparatur pemerintah Desa, yang di hadiri Kabid DPMD, Porkopincam, para Kepala Desa, Perangkat Desa, RT, RW dan tokoh masyarakat serta Karangtaruna Kecamatan Darmaraja, Selasa ( 27/6/2023 ).

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Menyampaikan bahwa dalam kegiatan itu, berharap dengan peningkatan pelatihan kapasitas perangkat desa ini, akan menghasilkan aparat desa yang berkompeten, punya kualitas dan kapasitas serta keterampilan, “Kalau perangkat desa punya kemampuan dan punya kapasitas, berarti mereka bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, “Ungkap Bupati.

“Dengan demikian lanjut Bupati, masyarakat akan lebih cepat untuk meningkat sejahtera karena mendapatkan pelayanan yang terbaik dan optimal dari aparat desa yang punya kompetensi, untuk ditingkatkan disini.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( SAKIP ) Desa, tentang keuangan desa, penentuan prioritas program di desa dan lain sebagainya, ‘Kata Dony

Bupati menyampaikan, jika pemerintah dalam menetapkan sebuah program harus betul-betul akan berdampak pada mengatasi persoalan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Masih sambung Dony, berharap seluruh aparatur pemerintah desa mampu mendayagunakan segala potensi yang ada di desa, untuk mendukung proses pembangunan desa, termasuk berupa mengatasi prioritas permasalahan daerah seperti stunting serta kemiskinan ekstrem di kabupaten Sumedang.

“Bupati mengingatkan terkait dana desa, gunakanlah anggaran sesuai dengan APBdes secara arif dan bijak, gunakan kewenangannya didalam regulasi penggunaan yang berpihak pada masyarakat desa, guna mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan desa, “Tandas Bupati.

“Latar belakang diselenggarakan kegiatan pelatihan adalah mewujudkan peningkatan aparatur yang berkinerja baik dan berkomitmen dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Camat Darmaraja, Widodo Menambahkan, tujuan pelatihan peningkatan kapasitas perangkat Desa diinisiasi oleh pihak kecamatan.

Tujuannya guna meningkatkan kinerja aparatur desa, Untuk optimalisasi tata kelola pemerintahan desa yang baik dan bersih dalam mendukung terwujudnya, Sumedang Simpati, ” Imbuhnya.

(( Aw/Rukmna ))
editor ( Denz )